4
JAM |
PRAKTEK
OTOMOTIF |
MENGECAT DASAR WARNA |
A.
07 A.J 17 A |
Halaman
: 2 |
|
10.
Semprot bagian-bagian yang akan dicat dengan jarak penyem-protan 8" -
10" (lihat gambar 2) terhadap plat yang akan dicat. 1.Pengecetan
berikutnya, ambillah sebagian dari pengecatan yang pertama (lihat gambar 3) 12.
Lakukan pengecetan sampai selesai 13.
Ulangi sekali lagi pengecatan dari yan, pertama sampai selesai. 14.
Bersihkan semua alat-alat apabila pekerjaan telah selesai dan cucilah
spraygun dengan tiner "B". |
4
JAM |
PRAKTEK OTOMOTIF |
MENGECAT D |
ASAR WARNA |
A.
07.A.J.17 A |
HALAMAN: |
3 |
|
Siswa
dapat: 1.
Mengecat warna dengan rata yang benar 2.Menggunakan
alat dengan cara yang benar 3.Mencampur
cet dengan tiner dalam perbandingan yang tepat ALAT
DAN BAHAN Spray gun, kompressor, masker,
kain lap (majun kaos) cat warna,badan mobil, tiner A dan B, kertas amplas no.
320, no. 400 (500).kertas masking atau kertas koran, masking tape (isolasi
kertas) KESELAMATAN KERJA 1.
Gunakan masker untgk penutup hidung 2. Tekanan angin tidak boleh
melebihi dari tekanan spray gun. 3.
Jangan mengcunakan gemuk (stempet) sebagai penutup.waktu pencecetan 4.
Jangan menggunakan majun benang pada waktu pengecatan, guna-kan majun kaos. LANGKAH
KERJA 1.
Gasok bagian yang akan dicat dlengan kertas amplas no. 320pakai air gambar 1. 2.
Cuci dengan air hingga bersih 3.
Hembuslah dengan udara bagian-bagian yang akan dicat 4.
Tutup bagian-bagian yang tidak dicat dengan kertas masking atau kertas koran
dan masking tape. 5.
Aduk cat sebelum dicampur dengan tiner hingga rata. 6.
Campur cat dengan tiner dalam perbandingan ...... 7.
Aduk cat sampai rata 8.
Masukan cat ke dalam spray gun dengan menggunakan saringan kain, dan tutup
rapat-rapat. 9.
Stel tekanan pada regulator dengan tekanan 15-25 1bs (0,5-1kg/c㎡) 10.Semprot
bagian - bagian yang akan dicatw dengan jarak pe-nyemprotan 8" - 10
" (lihat gambar 1) terhadap plat yang akan dicaty |
4JAM |
PRAKTEK OTOMOTIF |
MENGECAT
DAS R WARNA |
A
07 A J 17 A |
HALAMAN
+ 4 |
|
11. Pengecetan berikutnya ambillah
bagian dari pengecetan yang pertama (lihat gambar 2) 12.
Lakukan pengecatan sampai selesal 13.
Biarkan cat agak kering 14.
Ulangi sekali lagi pengecetan mulai dari pertama 15.
Biarkan cat sampai kering kita-kira 2 - 3 jam. 16.
Gosok dengan kertas amplas no. 400 (500) m makai air hingga bintik-bintiknya
hilang 17.
Cuci dengan air hingga bersih 18.
Keringhan den hembuslah dengan udara 19.
Campur cat dengan tiner dalam perbandingan 1 : 11 (kaleng cat 1 kaleng
tiner). 20.
Aduk cat sampai rata 21.
Masukan cat ke dlam spray gun dengan menggunakan saringan,dan tutup
rapat-rapat. 22. Atur tekanan angin pada
regulator dengan tekanan 20 - 301bs (0,5-1,2 kg/c㎡) 23. Semprot bagian-bagian yang akan dicat dan gerakan
tangan agak dipercepat sedikit darn pada pengecetan pertama |
24. Lakukan pengecetan
sampai selesai
FPTK
IKIP PADANG |
LEMBARAN
: KERJA |
JURUSAN。OTOMOTIF |
MATA
KULIAH : PRAKTEK OTOMOTIF |
WAKTU
:4 JAM |
SEKSI : OTOMOTIF |
KODE
: A. 07. A.J. 15A |
JUDUL : MENGETOK/LAS |
TUJUAN Mahasiswa dapat
mempergunakan palu ketok dan mengelas dengan les karbit dalam waktu 4 Jam
sesuai dengan job sheet yang diberikan. ALAT DAN BAHAN 1-
Alat-alat bodi fender 2.
Tool box 3.
Kap mesin/pintu mobil dan lain-lain 4.
Las karbit/kelengkapannya LANGKAH KERJA 1. Ratakan kembali bagian yang
cukup/cembung dengan alat-alat bodi fender sesuai dengan kebutuhan 2.
Las bagian yang timbul dengan las karbit dan ratakan dengan palu sewaktu
masih panas 3. Kalau hasil las lebih tinggi dari kedataran yang lain
maka terpaksa digerinda atau dikir supaya bagian yang dilas sama rata atau lebih
kurang dari dataran aslinya 4. Periksakan kepada
instruktur hasil pekerjaan las dan ketok 5.
Amplasiah bagian yang dilas dengan amplas kasar 6.
Siap untuk mengikuti job sheet lanjutan. |
FPTK
IKIP PADANG |
LEMBARAN
: KERJA |
JURUSAN
: OTOMOTIF |
MATA
KULIAH : PRAKTEK OTOMOTIF |
WAKTU
: 4 JAM |
SEKSI : OTOMOTIF |
KODE
: A. 07. A.J.14A |
DONGKIR PASANG JUDUL SISTEM KEMUDI |
TUJUAN Mahasiswa
dapat membongkar, memeriksa dan memasang kembali sistem kemudi (poros utama
worn dan sektor shaft) dalam waktu 4 jam sesuai dengan job sheet yang
diberikan. ALAT DAN BAHAN 1.
Sistem kemudi terpasang (poros utama, worn, sektor shaft,rumah poros, rumah
gigi-gigi). 2.
011 SAE 90 3.Too1
box 5. Bahan pengunci 4.Majun 6. Pemecah karat KESELAMATAN
KERJA 1.
Hindarkan mcmiku1 komponen-komponen dengan palu besi 2.
Hati-hati melepaskan poros utama jangan sampai bearingnya pecah. LANGKAH
KERJA 1.
Buanglah oli yang ada dalam bok gigi 2.
Kendorkan baut penyetel worn dan sektor 3.
Lepaskon tutup sektor shaft 4.
Lepaskan tutup poros utama 5.
Tarik perlahan-lahan keluar sektor shaft 6.
Tarik poros utama keluar perlahan tanpa merusak bearing 7.
Berzihkan sama komporen-komponen 8.
Sketlah bagian-bagian yang penting 9.
Periksakan kepada instruktur pekerjaan 10.
Pasanglah kembali setiap komponen yang dilepas dengan langkah
kerja kebalikan dari langkah pembukaan 11.
Periksakan kembali kepada instruktur EVALUASI 1.
Cek langkah kerja 2.
Tanya jawab 3.
Keselamatan kerja |
No. STAGES KEY POINT 1.2.3.4.5. Persiapan Lepaskan
poros be-lakang Periksa kelurusan poros seal dan keausan bantalan Pasangkan kembali
bantal an pada poros, kemudian poros pada rumahnya Pnuang kembali tromol
rem dan roda Lepaskan roda dan
tromol Pergunakan alat penarik tromol. Hati-hati seal jangan
rusak Pergunakan dialmeter Panaskan pantalan sampai ±150℃ Kencangkan mur tromol
dan roda secara diagonal dan merata
4
JAM |
PRAKTEK OTOMOTIF |
MEMASANG, MEMBONGKAR POROS
BELAKANG |
|
HALAMAN
: 2 |
|||
A.07.A.J.11A. |
FPTK
IKIP FADANG |
LEMBARAN
: KERJA |
JURUSAN
: OTOMOTIF |
MATAKULIAH
: PRAKTEK OTOMOTIF |
WAKTU
:4 JAM |
SEKSI : OTOMOTIF |
KODE
; A. 07.A. J. 11.A |
MEMBONGKAR? MEMA- JUDUL SANG POROS BELA- KANG |
FPTK
IKIP PADANG |
LEMBARAN
: KERJA |
JTRUSAN
: OTCMOTIF |
MATA
KULIAH : FRAKTEK OTOMOTIF |
WAKTU :%JAM |
SEKSI : OTOMOTIF |
KODE
: A. 07. A. J. 07.A |
JUDUL NA DAN TIMING |
TUJUAN Agar
mahasiswa dapat menstel platina dan timing dengan spesi-fikasi pada motor
colt T. 120 dalam waktu 4 jam. ALAT
DAN BAHAN 1.Tool
box 4. Fuller gauge 2.
Obeng pipih (2 buah) 5. Timing light 3.
Kunci ring 23 mm (1 buah) LANGKAH
KERJA 1.
Hidupkan motor ± 5 menit 2.
Buka tutup distributor 3.
Cabut rotornya 4.
Longgarkan baut stekan platina (2 buah) 5.
Putar motor untuk mendudukan platina pada sending as dis-tributor (ruabbing
blok). 6. Stel platina dengan
fuller gauge (untuk colt 0,45-055 mm) 7.
Kencangkan baut stelannya kembali 8.Hidupkan
motor 9.
Stel timingnya 10° BTDC dengan timing light 10.
Kunci/kencangkan baut pengikat stelan distributor 11.
Periksa kepada instruktur KESELAMATAN
KERJA 1.
Pergunakan alat dengan tepat 2. Hati-hati membuka-mengencangkan
baut stelan platina 3.
Hindarkan berkelakar bekerja EVALUASI 1.
Terangkan bagaimana cara menyetel platina 2.
Apa akibat platina bila terlalu rang 3.
Terangkan bagaimana menentukan timing |
PENYETELAN PLATI
3. Kunci ring obeng bi tl atu sama lain hadap keausan. Jika runakan alat khusus
FPTK
IKIP PADANG |
LEMBARAN : |
KERJA |
JURUSAN
: OTOMOTIF |
MATA KULIAH : |
PRAKTEK
OTOMOTIF |
WAKTU
:4 JAM |
SEKSI : |
OTOMOTIF |
KODE
: A, 07, A.J. 10A TUJUAN Agar mahasiswa dapat membongka kopling
plat tunggal ALAT
DAN BAHAN 1. Kopling plat tunggal 2. Senterpen palu |
JUDUL r, memeriksa dan me |
BONGKAR PASANG KOPLING masang
kembali |
KESELAMATAN
KERJA 1. Beri tanda pada tutup dibuka agar dapat dip 2. Pasang poros penggan lepas kopling LANGKAH
KERJA 1. Lepaskan unit koplin 2. Kendorkan baut secar |
kopling dan plat
p asang kembali pada ti untuk mendukung k g dari blok a beransur dan merat |
enekan sebelum posisi
semula. opling waktu me- a sampai bagian |
aganerepass 3. Periksa plat kopling Paku keling terbenam 4. Periksa tutup koplin 5. Periksa pegas diagra 6. Periksa bantalan ter dengan yang baru1. Pe memasang. 7.Pasang kembali bagia 8. Pasang tutup kopling |
. terhadap keausan minimal 0,3 mm, Rum g plat penekan terha m n-bagian kopling pada flywheel, perg |
-out maksimum 0,5 dap keausan. sudah aus gantilah untuk membuka dan unakan
kembali |
poros
pengganti 9.
Periksa diagram kemungkinan tidak sama 10. Ukur celah bebas tuas
maksimum 0,5 mm. |
4
JAM |
PRAKTEK OTOMOTIF |
BONGKAR PASANG KOPLING |
88A.
07.N.J.10.A |
Halaman:2 |
No. |
STAGE |
|
1.2.3.4.5. |
Persiapan
melepas kopling dari flywheel Lepaskan
bagian satu persatu Pemeriksaan Pemasangan kembali Periksa kembali gram dan celah bebas tuas. |
Peri tanda pada tutup
kopling dan' plat penekan Gunakan proses pengganti untuk pendukung kopling,
agar tidak jatuh. Kendorkan baut-baut secara
me-rata sampai terlepas Pemeriksaan plat terhadap ke ausan
dan run out keausan pegas bantalan pembebas Tthrust bearing) dan bantalan
utama Lakukan dengan urutan sebalikny Diafragma harus sama tinggi dan celah
bebas tuas. Pergunakan diafragma springaligner untuk memperbaiki
tinggi pegas. |
FPTK
IKIP PADANG |
LEMBARAN
:KERJA |
CMCSAN:OTOMOTIF |
MATA
KULIAH : PRAKTEK OTOMOTIF |
WAKTU:4JAM |
SEKSI :OTOMOTIF |
KODE:
A, 07. A, J. C5. A |
JWDT PENGISIAN BATERAI |
TUJUAN Agar mahasiswa dapat mencas
baterai dengan menggunakan bate-rai charnger dalam waktu 4 jam sesuai dengan
lembaran kerja. ALAT
DAN BAHAN 1. Air suling 2. Hydrometer 3. Baterai 4. Baterai charnger KESELAMATAN
KERJA 1.
Hindarkan anggota badan/pakaian dari air baterai 2.
Waktu mengukur BD baterai, plat baterai jangan bersentuhan dengan hydrometer 3.
Sebelum mempergunakan baterai changer, lihat petunjuk pada baterai changer. 4.
Stevoltage pada changer 5.
Hubungkan kabel positif changer dengan terminal positif kabel negatif dengan
terminal negatif 6.
On kan switch changer 7.
Lihat ampere meter pada changer (amper meter sekitar 7 %dari ampere hour
baterai) 8.
Matikan switch changer 9.
Buka kabel changer dari baterai EVALUASI Cek apakah hasil pengukuran yang
dilakukan mahasiswa, perha-tikan cara kerja mahasiswa apakah sudah dilakukan
dengan cara yang tepat, atau kurang tepat atau salah. |
KTU
: 4 JAM 07.A. J. O4. A DAF |
PRAKTEK OTOMOTIF |
JENIS
BATERAI |
|||
HALAMAN:3 |
|||||
No. Hasil pengetesan voltase per'
cel, |
Perbedaan voltase per cell |
Keaduan |
Yang harus dilakukan |
||
1.Setiap cell menunjuk kaM425 volt atau lebih |
0,05 |
baik |
- |
||
2.Setiap cell menun-jukkan>1,95
volt atau<1,95 volt |
<0,05 V |
baik |
chas
baterai |
||
3.Satu atau lebih cell menunjukan 1,95 v atau>1,95 volt |
0,05 V atau >0,05 V |
rusak |
ganti baterai |
||
4.Setiap cell menunjuk kan<1,95vo1t |
|
|
Chas baterai kemudian ulangi
pe-ngetesan |
||
WAKTU : 4 JAM BATERAI MENGUKUR BERAT JENIS
A. 07. A. J. 04. Λ PRAKTEK OTOMOTIF Halaman:2
9. Interprestasikan hasil
pengukuran dengan menggunakan dar-tar.
EVALUASI
Instruktur mengawasi pekerjaan dan
mencek hasil pengukuran mahasiswa apakah sama dengan hasil pengukuran
instruktur Instruktur mencek interpreatasikan has1l pergukuran mahasiswa
TABEL HUBUNGAN BERAT JENIS ELEK
TROLIT DAN KEADAAN PENGISIAN
Berat
jenis Elektrolit |
Keadaan pengisian |
1,260 1,230 1,200 1,170 1,
1.110 |
100% 75% 50% 25% 25% kosong |
CARA YANG MENUNJUKKAN ELEKTRILYTE
MEMBEKU
PADA BERMACAM - MACAM BERAT JENIS
Kondisi baterai |
Berat jenis elektrolyte |
Temperatur beku elektrolyte (of) |
Tak berisi (kosong) Penuh |
1 100 1
140 1
180 1 220 1 260 |
+18° +
8°F -
6°F -75° |
MENGUKUR BERAT JE_
FPTK
IKIP PADANG |
LEMBARAN
: KERJA |
JURUSAN
: OTOMOTIF |
MATA
KULIAH:PRAKTEK OTOMOTIF |
WAKTU
: 4 JAM |
SEKSI :OTOMOTIF |
KODE
:A.07.A.J.04.A |
JUDUL NIS BATTERAY |
TUJUAN Dengan menggunakan alat dan bahan
serta perlengkapan yang tertulis di bawah ini maha siswa akan dapat : 1.
Mengukur berat jenis elektrolit pada masing-masing cell baterai dengan
pengukuran yang sama dengan hasil pengu-kuran instruktur. 2.
Menginterprentasikan hasil pengukuran sehingga keadaan baterai dapat
diketahui. ALAT PERLENGK PAN DAN B.HAN. -
Hydremeter pakai thermometer -
Baterai -
Chart -
Air bersih. KESELAMATAN KERJA. Elektrolit
membanayakan pada kujit apalagi mata . Hindarkan
kemungkinan elektrolit mengenai mata dan kulit,LANGKAH KERJA. 1.Lepaskan
tutup baterai. 2.
Masukan ujung hydrometer ke dalam hydrolitcell yang per tama pejet-bola
karet. kemudian lepaskan
pejetan.pelahan-lahan sehingga elektro lit masuk kedalam
hydrometer..Pelampung hydrometer harus dalam keadaan bebas. 3.
Tempatkan permukaan elektrolit dalam hydrometer sejajar dengan mata kemudian
baca skala penunjukan berat jenis,dan termometer. Catat angka-angka
penunjukan tersebut.Pada saat pembacaan pelampung dengan menyinggung
didin-ding botol. 4.
Kembalikan elektrolit ke tempat asalnya dengan memijit bola karet. 5. Bersihkan hycrometer
dengan air. 6.
Lakukan pekerjaan tiga,4dan 5 setiap cell. 7.
Tuliskan berat jenis elektrolit yang sesungguhnya dari masing-masing cell. 8.
Pasang kembali semua tutup baterai dan bersihkan. |
4
JAM |
PRAKTEK
OTOMOTIF |
PERAWATAN
BU3I |
A.07.A.J.03.A |
Halaman:
2 |
angan putar busi sampai
lepas. Tand esuai dengan tempat aslinya
FPTK
IKTP PADANG |
LEMBARAN :KERJA |
JURUSAN
: QTOMOTIF |
MAT.,
KULIAH : PRAKTEK OTOMOTIF |
WAKTU
:4 JAM |
SEKST : OTOMOTIF |
KODE
:A.07.A.5.03.7 TUJUAN Dengan alat, perlengkap ini mahasiswa dapat: 1.
Membersihkan busi 2. Memeriksa dan membet dengan
spesifikasi 3.Memeriksa
apakah bus 4.
Membuka dan memasang ALAT PERLENGKAPAN DAN BAHAN 1.
Spark plug gauge 2.
Spark plugcleaner da 3.
Kikir halus kecil 4.
Fremium 1. Bersihkan busi yang sihkan
dengan cleane 2.
Bila busi sudah long kunci 3.
Gunakan kunci busi u saja LANGKAH
KERJA 1.
Lepaskan kabel busi 2. Bersihkan tempat sek semua debu
habis ter yang beterbangan 3. Longrarkan somua bus kunci arah
ke kiri d 4. Dengan menggunakan t busi-busi tersebut s 5. Bersihkan busi
denfa beroli. Bersihkan ju |
JUDUL : PERAWATAN BUSI an
dan bahan yang tertulis di bawah ulkan jarak elektroda sehingga sama i masih
dapat digunakan busi ke engine dengan cara yang ben 6.Panci n
tester 7.
Kunci busi 8.
Udara kompressi n tromium bila busi berminyak atau
ga ulirnya dengan sikat kawat. |
4JAM |
PRAKTEK
OTOMOTIF |
MELEPAS, MEMASANG DAN MENYETEL DISTRIBUTOR |
A.07.A.J.02.A |
Halaman:2 |
MELEPAS,MEMASANG DAN
FPTK
IKIP PADANG |
LEMBARAN :KERJA |
JURUSAN
: OTOMOTIF |
MATA
KULLAH : PRAKTEK OTOMOTIF |
WAKTU
:4 JAM |
SEKSI : OTOMOTIF |
KODE
: A.07.A.J.02.A |
JUDUL MENYETEL DISTRIBLTCR |
TUJUAN Mahasiswa dapat membongkar
(melepaskan distributor dari memasang dan menyetel kembali saat pengapicn
pada engin T 120 dalam waktu 4 jam pelajaran dengan menggunakan al bahan
seperti ditulis di bawah ini. ALAT DAN BAHAN 1.
Engine stand T 120 (siap hidup) 2.
Toll 1ox 3.
Lampu tester 4.
Trolli untuk alat-alat yang dibongkar LANGK/H KERJA 1, Hidupkan engine selama ± 2
menit (untuk memastikan b distributor dapat bekerja menurut semestinya) 2.
Cabut slang vacum dari vacum advance 3.
Lepaskan hubungan kabel dari coil ke distributor 4.Lepaskan
kabel tegangan tinggi dari busi, distributo coil. 5.
Tandai posisi dari distributor 6.
Lepaskan kedua klem distributor dan cabutlah cupnya body distributor. 7.
Lepaskan kedua baut pengikat distributor, dari blok 8.
Cabut distributor pelan-pelan dan perhatikan/tandai arah gerakan rotornya
sewaktu mencabut dan kina-kirćra derajat. PEMASANGAN
KEMBALI 1.
Lepaskan busi no. 1 dari dudukannya 2. Futar poros engkol sampai
selinder satu dalam keadaa kompress1 (TDC) dengan memakai kunci pas .
Kemudian tanda panah pada pully dengan tanda T, seperti pada 3. Tepatkanlah
celah sumbu pompa pelumas seperti terlih gambar B, dengan jalan memutar
dengan obeng biasa (s dengan garis pusat poros engkol) |
4 JAM |
PRAKTEK OTOMOTIF |
BONGKAR PASANG DISTRIBUTOR |
A.07.A.J.01A |
Halaman:3 |
|
5.
Pertanyaan a.
Ke bagian manakah kontak platira dihubungkan b.
Apakah kemungkinan kontak platina berlekuk c.
Jelaskan fungsi dari stomatic advance d.
Jelaskanlah hubungan/lengkapilah rangkaian diagram di bawah ini. |
DISTRIBUTOR
WAKTU
: 4 JAM |
PRAKTEK OTOMOTIF |
BONGKAR PASANG |
|
Halaman
+ 2 |
|||
A.07.A.J.01A |
|||
i.
Tariklah dengan perlahan-lahan distributor, sewaktu men mengangkat
distributor perhatikan rotornya apakah berpu jika berputar kemana arahnya dan
tandai kira berapa der putaran tersebut tanda ini perlu untuk pemasangan
kemba 2. Membuka dan Memeriksa bagian-bagian distributor a. Jepitlah distributor dengan
ragum pada bangku kerja b. Lihat/perhatikan setiap posisi dari komponen
distributc c. Bukalah komponen-komponen distributor dengan hati-hati -
lepaskan rotor -
lepaskan vakum dari kedudukannya -
Lepaskan breakir base d.
Periksa keausan bagian-bagiannya e.
Periksa tegangan pegas dengan menggunakan timbangan peg (spring balance) .Bandingkan
dengan spesifikasi biasanya antara 18-24 f. Periksa isolation kabel
penghubung massa dan frame 3.
Pemasangan kembali a.
Pasanglah kembali setiap komponen yang dilepas dengan u sebaliknya dari
urutan pembukaan b.
Periksa variasi pengangkatan untuk tiap-tiap nok, gunak gauge, variasi tidak
boleh dari 0,003 c.
Steel gap konták platina menurut spesifikasi (0,45- 0,55 in atau
0,0177-0,0217 in) 4.
Mengetes sistem pembakaran (ignition system) a. Pasanglah kembali distributor
sesuai dengan posisi semu b. Pasanglah kembali kabel dari coil c.
Periksa arus primer dengan menggunakan arus sudah jalan platina, pasang kabel
tangan tinggi ke coil. d.
Pasanglah kembali busi yang dilepas tadi e.
Putarlah motor dengan menggunakan stater dengan mendcka kan kabel tegangan
tinggi ke massa. Periksalah apakah a 1oncatan bunga api. Kalau tidak ada
carilah sumber kehi an arus kalau ada pasanglah distributor cap dan kabel-k
tegangan tinggi. f. Cobalah hidupkan motor sampai
hidup dengan baik. |
FPTK
IKIP PADANG |
LEMBARAN
: KERJA |
JURUSAN
: OTOMOTIF |
MATA
KULIAH: PRAKTEK OTOMOTIF |
WAKTU
:4 JAM |
SEKSI OTOMOTIF |
KODE
:A.07.A.J.01A |
JUDUL DISTRIBUTOR |
TUJUAN Setelah
selesai pengajaran ini mahasiswa dapat: 1.
Membuka distributor memeriksa bagian-bagian distributor seperti rotor kontak
platina pigas, kondensor dengan meng-gunakan alat-alat yang tersedia dan
memasang kembali de-ngan betul. 2. Mengetes pegas distributor
kondensor coil setelah pemasang an kembali menggunakan alat-alat tes
distributor. PERLENGKAPAN DAN BIHAN 1.
Motor colt T 120 kondisi jalan 2.
Bangku kerja ragum dan tempat sportipart 3.
Obeng fuller gauge timbangan pegas emmeter dan lampu baterai. KESELAMATAN KERJA Hati-hati bekerja dengan baterai
alat ukur listrik dan alat-alat kecil. |
BONGKAR PASANG
Team
Penyusun..................................................11
Kata
Pengantar................................................iii
Daftar
isi.....................................................iv
Bongkar
Pasang Distributor....................................1
Melepas,
Memasang dan Menyetel Distributor.................4
Perawatan
Dusi..................................................6
Mengukur
Berat Jenis Batteray................................8
Pengisian
Datteray............................................11
Bongkar
Pasang Kopling.......................................13
Membongkar,
Memasang Foros Belakang........................15
Bongkar
Pasang Sistem Kemudi................................17
Mengetok/Las...................................................18
Mendompol/Mengamplas..........................................19
Mengecat
Dasar/Warna..........................................20
KATA PENGGNTAR
Dalom rangka mengembangkon
dan meningkatkon materi pengo-joran di Workshop/Laboratorium, maka dibukukan
"Petunjuk Kerja Froktikum".
Buku ini dipergunakan untuk
petunjuk praktek di bengkel kerju/luborotorium teknologi yang berhubungan
dengan penben-tukon dan pengembangan logam, penyelidiken den pemeriksacn ser-to
pemokaian logam-logem, pembuatan dan pembocaan gambor kerjo serto perencanaan.
Team pembuatan buku ini yang
berkecimpung dalam bidangnya teloh berusaho membuat susunannya secora
sistematik, luwes dan menggunakan istilah atou bahasa Indonesio yang sudah
lazim di-pergunakan dalam dunia teknologi. Namun diharapkan kepada se -mua
pihak yang menggunakan buku ini, bersedia memberikon saron saran perbaikan
dalom rangko penyempurnaan buku ini.
Pada kesempatan ini,
iimpinon Fokultae Pendidikan Tekno -logi dan Kejuruan (FPTK) IKIF Fadang,
menyampaikan bonyak te-rima kasih kepada team penyusun, para ekspert UNESCO,
Fimpinon Fukultos, Jurusan dan UJnit serta kepado seluruh petugas yong
memungkinkan buku ini dapat dicetak yang merupokon sebogai mo-teri pengojaran
praktek.
Besar horapon kami, semogo
buku ini bermanfaat dan depat mengísi kekosongan literatur dewasa ini dalam
dunia pendidik-an, khususnya dunia Pendidikan Teknologi dan kejuruan di
Indonesia.
Padong, Januori 1985
Dekan FPTK IKIP Padang
d.t.o
DRS. SYAMSUL ARIFIN
NIF.130.365.665.
TEAM PEMPUATAN BUKU KERJA PRAKTIKUM
Ketua/Penanggung
Jawab : Drs. Syamsul Arifin
Sekretaris/Ancgota : Drs. Faisal Ismet
Anggota : Drs. Fahmi Nurdin
PENULIS
DAN EDITOR
Penulis : Drs. Fahmi Nurdin
Editor : Drs. Syamsul Arifin
Drs.Adjis
PRODUKSI
PERCETAKAN UPT. PUSAT MEDIA
PENDIDIKAN
FPTK - IKIP PADANG
1985
PETUNJUK KERJA PRAKTEKUM
(JOB SHEET)
PRAKTEK BENGKEL OTOMOTIF
UNTUK
TK.I SEMESTER II(Eks SMA)
JURUSAN
OTOMOTIF FPTK IKIP PADANG
oleh
Team
DIPERBANYAK
OLEH UPT PUSAT MEDIA PENDIDIKAN
FPTK
IKIP PADANG
1985